Saatnya Berbelanja, Simak Tips Membeli Oleh-oleh Ini!

Ketika berpergian ke luar kota maupun luar negeri, biasanya wisatawan akan membelikan buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Terutama bagi yang bekerja, pasti wajib membelikan oleh-oleh untuk atasan yang sudah memberikan cuti atau rekan kerja yang telah membantu mengambil alih pekerjaan selama cuti. Namun, terkadang wisatawan bingung memilih oleh-oleh yang tepat. Ada beragam bentuk oleh-oleh yang umumnya diberikan dari pakaian, makanan, pajangan, hingga perhiasan. 

Cukup melegakan karena sekarang sudah ada shopping center yang tidak hanya menawarkan satu bentuk oleh-oleh saja. Tapi sebetulnya berbelanja di shopping center juga perlu disortir kembali, karena ada oleh-oleh yang berasal dari wilayah lain atau tidak benar-benar khas dari tempat tersebut. Hal yang perlu diingat adalah oleh-oleh yang dibeli harus khas dari asal tempat liburan kalian. Jangan sampai Kamu membeli Pie Susu saat berwisata ke Surabaya, atau membeli Bumbu Pecel saat pergi ke Bandung. Berikut lima tips mencari atau membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman. 

Catat alokasi dana dan buat list penerima 

Wisatawan baiknya jangan memaksakan diri membeli oleh-oleh yang mahal jika kondisi dana tidak mencukupi. Selain itu buatlah list penerima oleh-oleh, jangan sampai ada yang tertinggal atau terlewatkan. Wisatawan juga dapat membeli barang yang disukai penerima, misalnya warna favorit penerima.

Cek tanggal kadaluwarsa

Kalau membeli oleh-oleh berupa makanan, jangan sampai lupa mengecek kadaluwarsa. Perhitungkan juga dengan waktu perjalanan dan suhu kendaraan Kamu. Jika makanan dibuat tanpa pengawet, coba ambil yang baru dibuat atau pilih yang dikemas dengan cara divakum.

Cara mengemas oleh-oleh

Tidak kalah penting, cara mengemas oleh-oleh ini perlu diperhatikan wisatawan agar tidak ada yang tececer atau tertinggal. Biasanya shopping center menyediakan kardus untuk oleh-oleh, Kamu bisa menanyakannnya di kasir. Namun jika Kamu membeli di tempat lain pastikan jika Kamu mengemas dengan baik agar oleh-oleh tidak rusak.

Terakhir, pastikan oleh-oleh Kamu bisa masuk ke bagasi. Semisal Kamu pergi naik pesawat, maka cek bagasi yang masih tersedia diluar muatan koper Kamu, jangan sampai overload. Bila Kamu berpergian antar kota, Kamu bisa memilih alternatif lain dengan mengirimkan oleh-oleh menggunakan jasa kurir.

Semoga tips ini bermanfaat. Jadi sudah tahu mau membeli oleh-oleh apa?

sumber gambar : tiket.com

*AFJ/SGU/22

Need Help?

We would be happy to help you!

+62 8131 010 0901

sales@shafwahholidays.com

CUSTOMER SERVICE Choose one to communicate with our admin

Our team will reply to your message soon.