Menilik Pariwisata Saudi Arabia Yang Gencar Promosikan Wisata Non Religi!

Arab Saudi yang merupakan rumah bagi Mekah dan Madinah, dua kota paling suci bagi umat Islam menjadikan negara di timur tengah ini tujuan utama wisata religi. Tercata ditahun 2019, ada 9,5 juta peziarah yang datang untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umrah. Selain dari wisata religi, Arab Saudi mendapatkan sumbangsih perekonomian terbesar juga dari minyak bumi. Namun sejak Arab Saudi mencentuskan Visi 2030  yang diprakasai Putra Mahkota Mohammad Bin Salman, terus membuka diri dengan berbagai peluang sektor perekonimian lainnya. Salah satu yang menjadi target adalah pengembangan wisata non-religi.

Upaya yang dilakukan oleh Arab Saudi untuk mendorong wisata non religi adalah memperkenalkan e-visa turis di Riyadh agar dapat menarik pengunjung non-muslim. Lionel Messi, bintang sepak bola asal Argentina juga didapuk sebagai wajah pariwisata Arab Saudi, tentu hal ini merefleksikan target wisatawan yang lebih heterogen. Lalu apa saja destinasi non religi yang dimiliki Arab Saudi ?

 

1. Al- Wahbah Crater atau dikenal dengan Maqla’ Tamiyyah merupakan kawah gunung berapi dengan kedalaman 250 m dan diameter 2 km. Kawah vulkanik Al-Wahbah Crater berjarak 250 km dari Kota Ta’if.

2. Wadi Hanifah terletak di wilayah Najd, Provinsi Riyadh. Destinasi ini menawarkan lembah indah yang membentang sepanjang 120 km dari barat laut ke tenggara, melewati Kota Riyadh.

3. Benteng Masmak begitu unik karena dibangun menggunakan tanah liat di tengah ibukota Arab Saudi, Riyadh. Selesai dibangun tahun 1895, benteng ini menjadi saksi bisu penaklukan Kota Riyadh dari Dinasti Al-Rasyid oleh Dinasti Al-Saud yang dipimpin Abdul Aziz Al-Saud pada 1902.

4. Madain Salih merupakan situs arkeologi yang konon dianggap terkutuk dan terlarang dikunjungi oleh siapapun. Secara historis, Madain Salih menjadi tempat tinggal kaum Tsamud dan Ad yang kemudian binasa oleh azab Allah SWT karena durhaka dan mendustakan dakwah Nabi Saleh AS. Menariknya, Madain Salih menjadi salah satu kota dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Area ini telah berumur 2.000 tahun dan diukir oleh orang Nabatean, masyarakat Arab pra-Islam yang juga membangun Petra di Yordania.

5. Tuwaiq merupakan tebing batu yang dikelilingi oleh padang tandus dan memotong dataran Najd di Arab Saudi bagian tengah. Tuwaiq berjarak sekitar 800 km dari perbatasan selatan Al-Qasim. Tuwaiq dikategorikan sebagai tanah purba yang memiliki bagian stratigrafi pada masa Jurrasic.

 

Melalui wisata non religi ini, para jamaah yang telah selesai menjalankan ibadah di Mekah dan Madinah juga memiliki pilihan untuk berkunjung ke destinasi yang disajikan Arab Saudi. Kesempatan ini juga dapat melengkapi pengetahuan tentang peradaban pra Islam yang dahulu ada di Arab Saudi. Jadi, Apakah kamu tertari berwisata ke Arab Saudi?

Sumber gambar : visitsaudi.com

*AFJ/SGU/22

Need Help?

We would be happy to help you!

+62 8131 010 0901

sales@shafwahholidays.com

CUSTOMER SERVICE Choose one to communicate with our admin

Our team will reply to your message soon.